Friday, May 17, 2024
HomeEdukasiMILIKILAH MINDSET SEORANG PEMIMPI

MILIKILAH MINDSET SEORANG PEMIMPI

STEPS TO MAKE DREAMS COME TRUE

Mindset seorang Pemimpi – Pemimpi adalah seseorang yang suka bermimpi akan suatu hal sekalipun dirinya tidak tidur. Ya, sebagai seorang manusia, pasti kita memiliki mimpi. Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak hanya kita yang memiliki mimpi. Di dunia tempat kita tinggal dan hidup, pasti banyak juga orang yang memiliki mimpi. Karena mimpi biasanya muncul oleh adanya keinginan dan panggilan dari dalam hati setiap manusia.

Tapi, apakah cukup dengan hanya memiliki mimpi? Jawabannya tentu tidak. Mimpi itu harus diwujudkan. Akan menjadi sebuah kerugian apabila kita hanya sekedar menjadi pemimpi yang memendam mimpinya dan bukan pemimpi yang juga mewujudkan mimpinya. Apalagi tidak jarang sebuah kesuksesan berawal dari sebuah mimpi yang juga disertai usaha untuk mewujudkannya.

Dengan memiliki mimpi akan membuat kita mempunyai sebuah tujuan untuk terus maju dan memiliki suatu hal yang berharga untuk diperjuangkan. Namun, hal yang perlu kita ketahui adalah tidak ada keberhasilan dan kesuksesan dalam mewujudkan mimpi dicapai dalam waktu semalam saja. Dalam mewujudkan mimpi seseorang harus mempunyai mindset untuk berusaha dan bekerja keras, bahkan bersusah payah mengorbankan waktu, tenaga, dan harta yang dimiliki dalam setiap tahapan untuk mencapai impian yang diperjuangkan. Dan itulah yang disebut sebagai mindset pemimpi.

Sekalipun terkadang apa yang kita impikan sering kali berbanding terbalik dengan keadaan yang sebenarnya. Namun dengan kerja keras dan langkah yang tepat, niscaya pasti kita akan bisa mencapainya. Percaya atau tidak, sejatinya, usaha akan berbanding lurus dengan  hasil. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa langkah atau cara yang mungkin bisa kita terapkan untuk mewujudkan mimpi kita dengan memiliki mindset pemimpi yang mana diantaranya juga dikemukakan oleh seorang motivator dan pengusaha sukses bernama Matt Mayberry:

  1. Berdoa Sebagai Bentuk Komunikasi Dengan Pencipta

    Pemimpi harus rajin Berdoa
    Pemimpi harus rajin Berdoa

    Berdoa adalah aktivitas dimana kita berkomunikasi dengan Tuhan yang kita percayai. Dalam komunikasi tersebut kita dapat meminta sesuatu yang kita inginkan salah satunya seperti meminta agar mimpi kita terwujud. Do aitu penting, dibalik usaha, kerja keras dan pengorbanan yang telah kita lakukan, kita juga harus senantiasa untuk tidak lupa berdoa. Mintalah restu kepada Sang Pencipta manusia, agar setiap usaha yang kita lakukan untuk mewujudkan mimpi dan dapat berjalan sesuai harapan. Tuhan sebagai pemilik segalanya termasuk pengatur takdir di hidup kita. Karena itu, serahkan diri kita pada Tuhan agar setiap upaca untuk meraih mimpi kita tidak hanya sebatas khayalan, namun benar-benar ada dan dapat kita rasakan di kehidupan nyata. Ucapkan mimpi di setiap doa kita, agar menjadi penyemangat menjalani setiap proses di kehidupan.

  2. Minta Restu Orang Tua Akan Mimpimu

    Restu Orang Tua untuk Penting untuk Mewujudkan Mimpi
    Restu Orang Tua untuk Penting untuk Mewujudkan Mimpi

    Alangkah baiknya bila kita tidak menyembunyikan mimpi kita dari orang tua. Ceritakanlah dengan dengan jelas tentang mimpi kita, cara kita untuk menggapainya, sampai dengan eksekusi apa saja yang telah dilakukan selama ini. Percaya atau tidak, meminta izin pada orang tua akan menjadikan semua yang kita lakukan terasa lebih lega dan berkah tentunya. Selain itu, dengan memberitahu orang tua, bisa membuat mereka mendoakan kita di setiap perjuangan yang dilalui.

  3. Tulis Mimpi Pada Kertas

    Tuliskan pada Kertas
    Tuliskan pada Kertas

    Menuliskan mimpi dalam kertas merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan mimpi. Catatlah setiap mimpi yang ingin diwujudkan itu. Fungsinya yaitu sebagai pengingat, selain itu catatan ini akan membantu kita dalam mempertahankan semangat saat sewaktu-waktu mengalami kegagalan. Berdasarkan penelitian, 75 dari 100 orang yang menuliskan mimpinya di kertas berhasil meraih yang diinginkan. Sebuah catatan kecil akan membangkitkan jiwa yang terpuruk hingga akhirnya mimpi sebesar apapun dapat menjadi kenyataan.

  4. Mengubah Pola Pikir Dan Mempertajam Pengetahuan

    Berpikir Positif
    Berpikir Positif

    Hal yang perlu dipahami tentang arti sebuah mimpi menjadi nyata atau berbuah kesuksesan adalah menyangkut dua hal berbeda yaitu pola pikir atau mindset dan tingkat pengetahuan yang kita miliki. Pola pikir menjadi salah satu faktor penting dalam mewujudkan mimpi. Pola pikir akan mempengaruhi keyakinan kita terhadap apa yang dilakukan dan mental kita dalam menghadapi kerasnya kehidupan. Terkadang sering kali kita ragu dan pesimis atas apa yang telah dikerjakan. Seringkali kita menerapkan pola pikir untuk gagal atau dengan kata lain yaitu negative thinking.

    Sebab itu, kita perlu mengubah pola pikir tersebut. Milikilah mindset sebagai seorang juara yang tetap berpikir positif dan semangat untuk menang sekalipun itu berarti membutuhkan pengorbanan yang juga tidak sedikit. Selain itu kita juga memerlukan pengetahuan dan memilikinya cukuplah sederhana. Kita hanya perlu mempelajari berbagai keterampilan serta strategi yang tepat agar mimpi dapat terealisasikan. Kita harus haus akan pengetahuan karena dengan rasa ingin tau yang tinggi maka akan membuat kita terus belajar dan berinovasi tanpa memperdulikan kendalanya.

  5. Biasakan Untuk Tidak Menunda

    Jangan Menunda-Nunda Peluang dan Pekerjaan
    Jangan Menunda-Nunda Peluang dan Pekerjaan

    Kegagalan dalam menggampai dan meraih mimpi salah satunya disebabkan oleh kebiasaan dalam menunda sesuatu. Banyak sekali seorang pemimpi yang malah cenderung untuk menunda dan menaruh harapan di keesokan hari. Selanjutnya, mereka hanya berdiam diri dan menunggu waktu yang tepat untuk mewujudkan. Sekarang pertanyaannya adalah “KAPAN?”. Kebiasaan dalam menunda hal apa yang dikerjakan atau hal-hal baik yang ingin diwujudkan tidak dapat terpisah dari keseharian yang kita jalani bukan? Tentu kebiasaan ini harus dihilangkan. Janganlah pernah takut untuk memulai sesuatu, kita harus siap percaya dirilah. Dengan sikap positif seperti ini, dijamin apa yang kita impikan akan segera terwujud.

  6. Tingkatkan Motivasi dan Teguhkan Semangat

    Tingkatkan Semangat dan Motivasi
    Tingkatkan Semangat dan Motivasi

    Ketika memiliki mimpi, kita perlu juga memiliki sebuah motivasi dan semangat. Kita harus bangkit dan semangat lagi setiap saat kita gagal, bahkan ketika sewaktu-waktu kita benar-benar terjatuh sekalipun. Kita harus melihat dan mengingat perencanaan-perencanaan yang telah dibuat terkait mimpi kita, dan bangunlah motivasi dan semangat dari situ. Jika motivasi dan semangat kembali berkurang, maka kita bisa kembali melihat perencanaan tersebut sekali lagi. Lakukan ini sampai kita menjadi hafal sehingga bisa kita jadikan motivasi

  7. Miliki Komitmen dan Bersungguh-Sungguh

    You have to be committed
    You have to be committed

    Dalam membuat mimpi menjadi kenyataan, kita harus berjanji pada diri sendiri untuk bersungguh-sungguh melakukan segala upaya ataupun strategi yang diperlukan dalam mencapai tujuan secara disiplin dan tetap konsisten. Ketika kita tetap siap dan tidak mengeluh sekalipun dalam perjalanan didadapkan dengan keadaan buruk berupa kesusahan atau kesedihan, hal ini dapat disebut komitmen. Komitmen dan kesungguhan membantu kita untuk mewujudkan mimpi. Dengan memiliki komitmen, akan membuat kita sangat menyadari dan menghargai setiap proses yang dilalui. Komitmen dan kesungguhan menjadikan kita tahu berada di titik mana dan harus berjalan ke arah mana serta sejauh apa. Seseorang dengan komitmen dan kesungguhan adalah orang cerdas yang memiliki target dan prioritas serta batas waktu yang jelas ketika berproses.

 

Sekian tulisan dari saya yang juga terinspirasi dari tulisan-tulisan di berbagai sumber. Semoga dapat bermanfaat, dehat selalu, keep smile and keep your spirit.

BACA JUGA  TSMC: Pabrik Semikonduktor Taiwan Terbesar di Dunia
Catherine Jackson
Catherine Jacksonhttps://www.dapetblog.com
Has an interest in creating simple blog websites, learning about SEO and graphic design, writing, AI, and understanding the concepts of journalism. A person who love animal, love to explore and travel, programming. Has experience in blogging more than 5 years
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + five =

PALING POPULER

LIST KATEGORI

- Advertisement -