Saturday, May 18, 2024
HomeEdukasiMengenal Banjir Kanal Timur: Serba-Serbi BKT dan Kisah Ajaib Dibalik Pembangunannya

Mengenal Banjir Kanal Timur: Serba-Serbi BKT dan Kisah Ajaib Dibalik Pembangunannya

Disclaimer: sebenarnya ini artikel lama, dan sengaja saya posting agar tidak hilang.

Mengenal Banjir Kanal Timur atau BKT – Halo sobat DAPET BLOG ! BKT atau Banjir Kanal Timur adalah saluran berupa sungai besar yang dibangun dengan tujuan untuk melindungi wilayah Jakarta bagian Utara dan Timur dari luapan Sungai Cipinang, Buaran, Jatikramat, Sunter dan Cakung. Ketika melihat BKT mata anda akan dimanjakan dengan genangan air yang indah bagai cermin yang memantulkan bayangan objek yang berada di darat ditambah dengan hamparan rumput hijau di pinggirnya. Sementara pada jalan-jalan dipinggiran kanal tersebut terdapat lalu lalang orang dan pengendera mobil ataupun sepeda motor.

Terdapat juga berbagai pedagang mulai dari yang menjajakan makanan, minuman, pakaian, perangkat elektronik dan sebagainya. Ya, itulah BKT kawasan multifungsi sekaligus menjadi salah satu kawasan primadona bagi warga Jakarta Timur khususnya Duren Sawit. Sampai dengan saat ini BKT tidak hanya menjadi kawasan penampung air hujan melainkan juga sebagai sarana rekreasi, olahraga, berjualan, pusat makanan dan pasar malam.

 

Suasana Asri Pepohonan ketika Berjalan-Jalan Santai

Gambaran Suasana di BKT
Gambaran Suasana di BKT

Ketika berada di BKT, biasanya saya akan berkeliling-berkeliling sembari mencari hal menarik. Mata tidak akan bosan karena selama di BKT, selalu saja ada sesuatu yang baru yang tentunya bisa didatangi dan dieksplor.

Indahnya Penampakan Tanaman di BKT
Indahnya Penampakan Tanaman di BKT

Selama anda berada di BKT anda akan mempunyai lebih dari satu pilihan, diantaranya yaitu anda mau membeli sesuatu atau tidak membeli sama sekali dan hanya melihat-lihat saja. Bagi saya kedua pilihan tersebut merupakan hal opsional dan keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kondisi saat itu.

Gambaran 2 Suasana BKT
Gambaran 2 Suasana BKT

Ibarat anda memilih opsi untuk tidak membeli apa-apa pun tapi hanya melihat suasana dan menikmati malam, saya yakin hal itu sudah cukup untuk membuat suasana hati anda lebih menyenangkan. Kalaupun anda memilih untuk membeli sesuatu pun anda tidak perlu membawa uang terlalu banyak karena harga dari barang-barang ataupun makanan dan minuman yang dijual bervariatif. Beberapa pedagang akan menjual barang dagangannya dengan harga yang cukup murah. Bahkan untuk barang-barang seperti pakaian, peralatan elektronik dan sebagainya apabila anda pintar menawar agar menjadi lebih murah maka tentu anda akan mendapat potongan harga dari si penjual.

BACA JUGA  TSMC: Pabrik Semikonduktor Taiwan Terbesar di Dunia

 

Mukjizat masa lalu saat Pembangunan BKT

Sedikit mengenang saat-saat dimana BKT belum ada dan pembangunan belum dimulai, dulunya salah satu daerah disitu terdapat kontrakan tempat saya bersama keluarga tinggal. Kurang lebih 3 tahun berada di kontrakan tersebut sampai akhirnya menerima pemberitahuan mengenai pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT). Saya ingat saat itu ada sebuah kejadian ajaib dimana bagian kontrakan kami hampir dirubuhkan padahal kami sekeluarga belum keluar, dan sebelumnya ayah saya berkoordinasikan dengan pemilik kontrakan agar diberi waktu lagi untuk menetap sebelum akhirnya benar-benar pindah kontrakan. Namun nyawa kami terselamatkan berkat pak Ustad yang kebetulan juga kenal dengan keluarga saya.

Ketika bulldozer ingin merubuhkan, beliau yang teriak-teriak “Jangan…. Jangan… jangan dirubuhkan, masi ada orangnya satu keluarga di dalam,” katanya dan keluarga kecil saya sangat berterima kasih atas jasanya. Tidak lama akhirnya ayah saya menemukan kontrakan baru dan kamipun bergegas pindah. Nah.. Sekarang ketika melihat perkembangan BKT yang sedemikian rupa, rasa sedih dan kesal yang dulu sempat dirasakan, terutama karena penggusuran tersebut sempat membuat pikiran keluarga saya terbeban terutama dari kedua orangtua seakan hilang. Terutama dampak yang diberikan saya lihat sangat terasa. Kini daerah Pondok Bambu yang biasanya banjir. Sekarang sudah tidak lagi, kalaupun ada banjir hanya sebatas mata kaki.

 

Tempat Hiburan dan Wisata Sederhana Namun Memuaskan

BKT kawasan ini  seakan jadi tempat hiburan yang sederhana namun tetap memuaskan. Kawasan BKT ini tidak memandang siapa yang mendatanginya. Entah itu tua, muda, anak-anak dan balita semua bisa masuk ke kawasan ini. “Disini tuh enak… Multifungsi… Kalau mau nongkrong-nongrong bisa, belanja-belanja bisa, kulineran bisa bahkan pacaran pun kalau anak-anak muda tuh gak gengsi yaaa bisa,” tutur salah satu pedagang di BKT.

BACA JUGA  Apa saja Binatang yang Takut Air? Berikut Ulasan dan Faktornya

Kalau saya pengen ke BKT biasanya saya akan memikirkan terlebih dahulu tujuannya apa sehingga saya harus ke BKT terutama di masa pandemi covid-19 seperti waktu itu. Misal ketika saya ingin membeli earphone atau kabel usb maka ketika pergi saya hanya akan fokus dengan tujuan tersebut. Dengan memakai baju kaus dan ditutupi jacket kupluk, memakai masker dan yang terakhir celana panjang saya telah siap untuk berangkat. Uang saya bawa hanya seperlunya dan tidak banyak-banyak. Tentunya agar tidak tergoda untuk membeli hal lain sehingga membuat saya menghabiskan waktu lebih lama di luar.

 

Fungsi BKT Sebagai Saranan Olahraga

Potret Masyarakat yang sedang Bersepeda
Potret Masyarakat yang sedang Bersepeda

Pada awal cerita ini saya sempat menyebutkan soal fungsi kawasan BKT sebagai tempat yang cocok untuk berolahraga. Ya, itu benar. Disamping kanan-kiri sungai/kanal terdapat jalan dimana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Jalan pertama sebelah kanan dari arah kita ketika ingin ke Pondok Kopi memiliki fungsi sebagai jalanan tempat mobil/motor berlalu lintas, orang berjualan dan sebagainya.

Lingkungan dan Jalanan yang Tertata dan Sepi, bisa untuk Berolahraga
Lingkungan dan Jalanan yang Tertata dan Sepi, bisa untuk Berolahraga

Sementara jalan sebelah kiri biasanya dikhususkan untuk pesepeda ini ditandai dengan adanya gambar sepeda di aspal lalu diberikannya portal beton agar pengendara mobil/sepeda motor tidak melewati jalan tersebut. Hal itu membuat jalan tersebut menjadi sepi dari lalu lalang orang maupun kendaraan bermotor.

Suasana Pepohonan Rimbun yang Cocok untuk Berolahraga
Suasana Pepohonan Rimbun yang Cocok untuk Berolahraga

Sehingga tak hanya untuk bersepeda, namun juga untuk olahraga lain semisal lari, senam dan sebagainya. Terdapat banyak pohon sehingga ketika melewati jalan tersebut rasanya sangat fresh , sejuk dan nyaman. Bahkan Ketika siang hari melewati jalan tersebut, tetap terasa sejuk.

 

Banyak Jajanan yang Murah dan Nikmat

Jasuke di BKT
Jasuke di BKT

Pada kawasan BKT terdapat berbagai jajanan unik salah satunya seperti di bawah ini. Selain itu terdapat juga singkong keju, singkong gaul. Berbagai macam olahan seafood seperti kerang balado juga ada di sini. Saya pastikan anda akan bingung memilih makanan atau minuman mana yang akan anda coba selama di kawasan BKT.

BACA JUGA  MILIKILAH MINDSET SEORANG PEMIMPI
Pedagang dengan Jajanan Bakso Bakar
Jajanan Bakso Bakar di BKT

Pada saat malam anda akan menemukan kawasan BKT dengan kondisi yang jauh lebih ramai daripada siang dan sore hari. Kawasan BKT akan dipenuhi oleh berbagai kalangan usia dan golongan. Tidak hanya ramai oleh pedagang kaki lima yang berjualan disitu melainkan juga ramai dengan kendaraan yang didominasi oleh sepeda motor tak terkecuali mobil. Ada pasar malam dimana terdapat permainan-permainan untuk anak-anak kecil bermain. “Kalau malam disini bisa gila-gilaan, bisa sampe macet disini. Ada pasar malam juga, pedagang makin banyakk,” ucap salah satu pengunjung kawasan BKT.

Suasana Ramai saat malam
Suasana Ramai BKT saat malam

 

Kesimpulan

Atas semua ini saya menjadi sangat bersyukur akan keberadaan BKT. Bagi kawasan ini sangat bermanfaat karena bisa dibilang apa aja ada disini. Mulai dari hiburan, barang-barang elektronik, pakaian, kaset film/lagu, makanan, minuman tempat malam mingguan semua ada disini. Kawasan BKT adalah solusi bagi anda yang ingin berjalan-jalan menghabiskan waktu membeli barang ataupun makan dan minum dengan harga yang ramah dikantong. Besar harapan saya agar kawasan BKT dapat lebih terjaga dan terawat bahkan ini dapat menjadi lebih baik lagi semakin harinya.

Catherine Jackson
Catherine Jacksonhttps://www.dapetblog.com
Has an interest in creating simple blog websites, learning about SEO and graphic design, writing, AI, and understanding the concepts of journalism. A person who love animal, love to explore and travel, programming. Has experience in blogging more than 5 years
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − eight =

PALING POPULER

LIST KATEGORI

- Advertisement -